8 FUNGSI MANAJEMEN PROYEK - Belajar Bersama

life long education

Tuesday, April 24, 2018

8 FUNGSI MANAJEMEN PROYEK


FUNGSI – FUNGSI MANAJEMEN PROYEK

 

11.      Scoping (Pelingkupan)
  Hasil gambar untuk scoping 

Pelingkupan adalah proses awal (dini) untuk menentukan lingkup permasalahan dan mengidentifikasi dampak besar dan penting yang terkait dengan rencana usaha dan atau kegiatan (Kep. Ka. Bapedal 9/2000). Tujuan Pelingkupan :
  1.  Mengidentifikasi dampak penting dengan meniadakan hal hal yang tidak/ kurang penting di suatu rencana.
  2. menetapkan batas wilayah studi.
  3. menetapkan kedalaman studi ANDAL : mencakup metode yang digunakan jumlah sample yang di ukur dan tenaga ahli yang di butuhkan sesuai dengan sumberdaya yang tersedia(dana dan waktu).
Manfaat Pelingkupan
  1. langsung mengarah pada hal hal yang menjadi pokok bahasan secara mendalam.
  2. menghindari konflik dan tertundanya proyek
  3. efisiensi terhadap biaya, tenaga dan waktu.
  4. penyusunan andal dapat lebih terarah berkat kejelasan : lingkup studi/kajian , kedalaman studi, strategi pelaksana studi. 
2.  Planning (Perencanaan)
Gambar terkait


Perencanaan Proyek adalah disiplin untuk menyatakan bagaimana untuk menyelesaikan sebuah proyek dalam jangka waktu tertentu, biasanya dengan tahapan yang ditetapkan, dan sumber daya yang ditunjuk.
Prinsip-prinsip organisasi adalah nilai-nilai yang digunakan sebagai landasan kerja bagi setiap orang yang ada dalam organisasi tersebut untuk mencapai keberhasilan tujuan yang telah disepakati. Prinsip-prinsip yang ada dalam organisasi meliputi:  
  1. Tujuan Organisasi yang jelas
  2. Tugas yang dilakukan harus jelas
  3. Pembagian Tugas yang andil
  4. Penempatan posisi yang tepat
  5. Adanya Koordinasi dan integritasi
3. Estimating(Perkiraan)

Perencanaan dan perkiraan proyek system informasi, dalam rencana dan perkiraan proyek tugas tugas yang akan dicakup oleh proyek telah didefenisikan dan didetailkan sesuai dengan kesepakantan dalam ikatan proyek. Sebagai contoh misalkan anda adalah seorang menager dalam sebuah proyek untuk membangun sebuat system informasi dimana anda akan menyusun rencana kerja sekaligus waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

4. Scheduling(Penjadwalan) 
Hasil gambar untuk schedule

 


Penjadwalan proyek merupakan salah satu elemen hasil perencanaan. Yang dapat memberikan informasi tentang jadwal rencana dan kemajuan proyek dalam hal kinerja sumber daya berupa biaya, tenaga kerja, peralatan dan material serta rencana durasi proyek dan progres waktu untuk menyelesaikan proyek. Dalam proses penjadwalan, penyusunan kegiatan dan hubungan antar kegiatan dibuat lebih terperinci dan sangat detail. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pelaksanaan evaluasi proyek. Penjadwalan atau scheduling adalah pengalokasian waktu yang tersedia melaksanakan masing – masing pekerjaan dalam rangka menyelesaikan suatu proyek hinggah tercapai hasil yang optimal.


Secara umum penjadwalan mempunyai manfaat – manfaat seperti berikut. :
  1. Memberikan pedoman terhadap unit pekerja / kegiatan mengenai batas-batas waktu untuk mulai dan akhir dari masing masing tugas.
  2. Memberikan sarana bagi manajemen untuk koordinasi secara sistematis dan relistis dalam penentuan alokasi prioritas terhadap sumber daya dan waktu
  3. Memberikan kapasitas waktu pelaksana pekerjaan
  4. Merupakan sarana penting dalam pengendalian proyek.
                     



No comments:

Post a Comment