Makalah Custom Software - Belajar Bersama

life long education

Sunday, April 8, 2018

Makalah Custom Software


PENDAHULUAN
1.1    LATAR BELAKANG
Teknologi informasi salah satu teknologi yang berkembang cepat pada saat ini Penggunaaan alat bantu komputer sebagai salah satu sarana penunjang dalam sistem informasi dapat memberikan hasil lebih baik dan akurat  untuk output sebuah sistem, tentu bila sistem di dalamnya telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang di inginkan oleh user.
Definisi perangkat lunak kustom juga mencakup solusi yang telah dirancang untuk berjalan di beberapa perangkat keras tertentu. Misalnya, produsen mobil sama sekali tidak punya tempat untuk membeli perangkat lunak untuk komputer on-board kendaraan. Jelas, mereka harus mengembangkan solusi semacam ini oleh struktur TI internal atau eksternal sambil sangat bergantung pada spesifikasi perangkat keras.
pengembangan perangkat lunak membutuhkan biaya waktu dan keuangan, sehingga harga yang wajar pun bisa sangat mahal. Namun, custom software dikembangkan pada jadwal yang ketat, sehingga menghemat bagian penting dari biaya waktu dan keuangan.

1.2    PENGERTIAN CUSTOM SOFTWARE

Custom software merupakan perangkat lunak yang dikembangkan khusus untuk beberapa organisasi tertentu atau pengguna lainnya. Dengan demikian, dapat dikontraskan dengan penggunaan paket perangkat lunak yang dikembangkan untuk pasar massal, seperti perangkat lunak off-the-shelf (COTS) komersial, atau perangkat lunak bebas yang ada. Custom software adalah solusi yang dikembangkan secara khusus untuk beberapa pengguna atau organisasi tertentu, yang merupakan kontras dengan perangkat lunak pasar massal yang banyak digunakan.
Terlepas dari spektrum dan keragamannya, pasar perangkat lunak seringkali tidak dapat memenuhi tuntutan semua variasi pendekatan manajemen modern dan proses bisnis. Tidak mengherankan jika banyak perusahaan menginginkan sistem informasi mereka memiliki beberapa fitur unik. Dalam kondisi seperti ini, perusahaan harus menghubungi spesialis TI untuk menyesuaikan diri dengan masalah proses bisnis yang ada, atau menciptakan yang baru.




BAB II

PEMBAHASAN

2.1  KAPAN CUSTOM SOFTWARE DIGUNAKAN?
            Saat Anda membeli software massal, Anda memberi garis pada software yang anda beli itu, dan  Anda mengambil jalan tengah mengenai waktu, efektivitas, kapasitas kerja. Itu berarti, bahwa Anda harus menggunakannya meskipun tidak memenuhi persyaratan Anda. Jadi, lebih baik memiringkan maju ke custom software, karena custom software pasti akan memenuhi semua kebutuhan dan kebutuhan perusahaan Anda.
Tujuan paling jelas untuk memulai proyek custom software membawa keuntungan bagi perusahaan melalui proses dan proses sehari-hari yang lebih baik. Pertama-tama, ini membuat pengaruh pada kemudahan pribadi perusahaan pada keseluruhan alur kerja, hanya memiliki fitur yang berguna untuk area ini sementara tidak memiliki fitur yang berlebihan, yang tidak akan berguna di masa depan. Misalnya, perangkat lunak yang dikembangkan untuk rumah sakit akan mencakup catatan personil, riwayat kesehatan masa lalu, kunjungan data dll. Setiap hal yang disebutkan di atas akan membantu staf yang bekerja dengan solusinya dan pasien harus mengetahui metode penyembuhan yang khas untuk itu atau yang lain. subyek. Tentu saja, Anda mungkin menemukan solusi perangkat lunak dalam akses publik, namun sebagian besar alat tersebut disatukan, yang berarti, software tersebut kehilangan penampilannya.
Custom software sebagian besar dikembangkan untuk memperbaiki alur kerja internal, namun jika memiliki tampilan untuk penggunaan pelanggan - ini adalah peluang bisnis yang hebat. Misalnya, kafe atau restoran mungkin tidak hanya perangkat lunak yang dikembangkan untuk keperluan internal, seperti rumah sakit yang disebutkan di atas namun juga aplikasi untuk pengunjung. Aplikasi ini mungkin berisi daftar lengkap hidangan yang tersedia untuk restoran ini dengan harganya, sehingga pengunjung bisa mengetahui makanan yang tersedia. Selain itu, ini bisa berfungsi sebagai "voucher diskon" sehingga pengunjung tidak bermuatan barang yang berlebihan, namun dengan alat ramah, yang memenangkan banyak pengguna. Sederhananya, custom software dibutuhkan untuk perusahaan-perusahaan itu, yang menjaga kenyamanan kerja staf mereka. Sedangkan untuk pengusaha cerdas, penggunaan custom software yang benar, baik dari sisi kedua (internal maupun eksternal) akan menunjukkan grafik pemasaran yang hebat.


2.2  KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CUSTOM SOFTWARE

Kelebihan custom software

1.      Semua kebutuhan bisnis perusahaan dapat dipenuhi dan benar – benar sesuai dengan keinginan manajemen.
2.      Perangkat lunak kustom tidak memiliki fungsi yang berlebihan karena sesuai dengan pesanan.
3.      Mudah dipelajari dan digunakan
4.       

Kekurangan custom software
  1. Waktu yang lama dan biaya besar, berdasarkan pengembangan custom software yang telah dilakukan oleh jutaan perusahaan di seluruh dunia, terdapat tiga buah masalah klasik yang sampai saat ini masih sering terjadi, yaitu : keterlambatan penyelesaian proyek, membengkaknya biaya akibat keterlambatan tersebut dan juga kesulitan dalam menetapkan ‘deadline’ yang menyatakan bahwa proyek tersebut telah selesai. Faktor-faktor di atas juga mengakibatkan resiko kegagalan proyek pengembangan aplikasi yang bersifat spesifik menjadi sangat tinggi.
  2. After Sales Support¸ pengembangan aplikasi yang bersifat kustom biasanya dilakukan oleh tim khusus yang telah berpengalaman atau memperoleh pengalaman selama pengembangan aplikasi. Artinya pemahaman sistem secara keseluruhan hanya dimiliki oleh beberapa orang, meskipun mereka telah membuat dokumentasi untuk setiap tahap pengembangan sistem. Hal ini akan beresiko terhadap support yang diberikan kepada Perusahaan dimasa mendatang, dimana : Tim pengembang sudah berubah atau berganti personel.
  3. Versi program tidak dikembangkan lagi, sementara perusahaan pengembang memiliki program dengan sekian puluh atau sekian ratus versi : program versi perusahaan a, versi perusahaan b dan seterusnya. Sehingga setiap penanganan kesalahan atau update program berpotensi untuk memunculkan masalah baru lagi.







2.3  PENGGUNA  CUSTOM  SOFTWARE

Inilah beberapa pengguna yang memakai Custom Software :
1.      Rumah Sakit
Rumah sakit dapat menyimpan data pasien dan mengambilnya setiap saat. Hal ini memungkinkan dokter dan asistennya untuk mentransfer rincian pasien melalui jaringan. Menjaga golongan darah pasien dalam database rumah sakit membuat pencarian darah yang cocok dengan mudah. Rumah sakit juga menggunakan perangkat lunak penagihan terutama di apotik mereka.
2.      Sekolah
Sekolah menggunakan custom software untuk menjaga rincian penerimaan siswa. Mereka menghasilkan transfer Sertifikat juga. Beberapa pemerintah mengembangkan software khusus untuk semua sekolah mereka. Sampoorna adalah proyek sistem manajemen sekolah dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan Pemerintah Kerala, India untuk mengotomatisasi sistem dan proses lebih dari 15.000 sekolah di negara bagian. Proyek-proyek ini membawa keseragaman untuk sekolah.
3.      Toko
Penagihan adalah penggunaan umum dari custom software. Custom Software digunakan oleh toko-toko kecil, supermarket dan penjual grosir untuk menangani rincian saham dan untuk menghasilkan tagihan.
4.      Bank
Instansi perbankan, setiap bagian di perbankan selalu berkaitan antara customer service, teller dan lain sebagainya saling terintegrasi. mereka membutuhkan software khusus untuk menyimpan data nasabahnya dengan baik dan aman.
oleh sebab itu pihak bank membutuhkan sebuah software yang mampu memberikan kemampuan yang dibutuhkan sesuia kebutuhan. Misalnya memerlukan software atau aplikasi database yang berguna untuk menampung data nasabah bank tersebut serta dipelihara sesuai pemakaian. Pihak perbankan akan memesan sebuah software dabase kepada konsultan IT agar mendapatkan software tersebut.





BAB III
PENUTUPAN
3.1   Kesimpulan
Software adalah perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Perangkat lunak dapat berupa program maupun aplikasi. Software bespoke atau custom adalah software yang dibuat berdasarkan pemesanan atau permintaan sesuai kebutuhan user. Banyak para user atau instansi perkantoran meminta dibuatkan software yang menunjang untuk membuat laporan pekerjaan agar dapat meningkatkan kinerja
Biasanya para penerima jasa pembuatan software sesuai kebutuhan atau kita dapat bertanya langsung kepada konsultan IT,mereka dapat memberikan masukan atau menjelaskan apa software yang kita butuhkan.

3.2  Saran
            Custom software memerlukan waktu customisasi yang lama jika tidak mendefinisikan apa saja hal yang dibutuhkan dari software. Ditambah lagi dukungan  jual yang lebih sulit karena perbedaan modifikasi dari masing-masing user yang menggunakan.
            Custom software  memerlukan penyesuaian untuk mendukung operasi pembeli dengan benar. Biaya dan keterlambatan penyesuaian COTS (Commercial off the self) bahkan dapat menambah biaya pengembangan perangkat lunak khusus. Namun, biaya bukanlah satu-satunya pertimbangan, karena keputusan untuk memilih perangkat lunak kustom sering menyertakan persyaratan agar pembeli memiliki kode sumbernya, untuk menjamin kemungkinan pengembangan atau modifikasi di masa depan terhadap sistem yang terinstal







DAFTAR PUSTAKA







No comments:

Post a Comment