OSI LAYER | Menurut Buku Jaringan Komputer - Belajar Bersama

life long education

Saturday, May 19, 2018

OSI LAYER | Menurut Buku Jaringan Komputer


Tugas Sistem Operasi

Annisa Nur Fitriyani              201613002
Nur Amira                               201613003    



  1. OSI  LAYER

Menurut Wiharsono Kurniawan (dalam Jaringan Komputer,2007:7)
                                                                                                    
“ Dalam dunia komunikasi komputer, kita akan sering mendengar istilah Model Referensi ISO-OSI. Model referensi ISO (International Standardization Organization) merupakan salah satu aturan standar yang di keluarkan oleh badan pembuat aturan dan standar untuk komunikasi komputer.

Model referensi ISO menggunakan metode lapisan sebagai model referensi ISO menggunakan metode lapisan sebagai model referensi. Semua subsistem di bagi menjadi 7 lapisan, pembagian ini untuk menentukan berbagai macam fungsi dan sistem operasi. Model yang digunakan dalam sistem komunikasi data dikenal dengan OSI (Open Sistem Interconnection) tujuh layer.

OSI sangat berperan dalam mengidentifikasi  sistem komputer untuk melaksanakan pengolahan dan penyaluran data, masing masing lapisan mempunyai fungsi dan aturan tersendiri. Tujuan pembagian lapisan adalah mempermudah pelaksanaan aturan standar secara praktis, perubahan ini juga untuk memungkinkan fleksibilitas yang artinya apabila terjadi perubahan pada salah satu  lapisan maka tidak akan berpengaruh pada lapisan yang lain.

Application Layer
Presentation Layer
Sesion Layer
Transport Layer
Network Layer
Data Link Layer
Physical Layer
·         Physical Layer
Lapisan ini lapisan paling rendah dari model referensi ISO.Lapisan ini berhubungan dengan media fisik atau peralatan fisik dalam jaringan komunikasi data.Lapisan ini mengatur hubungan fisik antar satu titik ke titik lainnya pada jaringan.
·         Data Link Layer
Lapisan data link menjamin agar data yang di kirim ke lapisan jaringan sampai ke tujuan dalam keadaan baik. Data yang dikirim dalam bentuk frame. Mekanisme yang di pakai dalam pengaturan struktur frame di sebut HDLC (High Level Data Link Control).
·         Network Layer
Lapisan ini bertanggung jawab untuk membuat paket data yang akan di kirimkan, memberikan fasilitas seperti pengalamatan jaringan(disebut routing) dan melakukan pengontrolan alir data pada komputer ke interfaces jaringan. Lapisan jaringan harus membedakan pengalamatan oleh suatu jaringan serta mengatur paket-paket data yang berukuran berbeda.
·         Transport Layer
Fungsi dasar lapisan ini adalah  menerima data dari lapisan sesion, memisahkan menjadi bagian atau unit yang kecil meneruskan ke lapisan jaringan dan menjamin unit unit data tersebut sampai dengan benar.
·         Session Layer
Lapisan session menyediakan fasilitas bagi user jaringan untuk melakukan percakapan  atau komunikasi dari satu mesin ke mesin yang lain. Pada lapisan ini kita dimungkinkan untuk melakukan komunikasi untuk masuk ke dalam sistem secara remote atau melakukan transfer file antar dua komputer.
·         Presentation Layer
Lapisan presentation digunkan untuk menyeleksi syntax data yang berada dalam jaringan lapisan ini memiliki standar encoding (penyandian) yang di gunakan dalam pemrosesan aplikasi data.
·         Application Layer
Lapisan aplikasi merupakan lapisan tertinggi pada model referensi ISO, biasanya berupa program atau aplikasi pada tingkat layanan informasi. Beragam protokol standar umumnya tersedia pada lapisan ini. ”



Dari penjelasan diatas Annisa dan Amira berpendapat :
           
“Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien, Terdapat 7 layer pada model OSI. Setiap layer bertanggungjawwab secara khusus pada proses komunikasi data. Misal, satu layer bertanggungjawab untuk membentuk koneksi antar perangkat, sementara  layer lainnya bertanggungjawab untuk mengoreksi terjadinya “error” selama proses transfer data berlangsung.

Application Layer: Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e‐mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya.



Presentation Layer : Presentation Layer ini memiliki fungsi utama sebagai penerjemah, menerjemahkan aplikasi ke dalam bentuk data yang akan dikirim ke lapisan berikutnya, dan sebaliknya, yaitu menerjemahkan atau menerjemahkan data ke dalam formulir aplikasi. Presentation Layer juga merupakan lapisan dimana data mulai dipaparkan dalam bentuk (format) tertentu seperti format JPEG untuk gambar, Doc, dan sebagainya.
Session Layer : menentukan koneksi apa yang akan digunakan selama proses transmisi data, bagaimana membangun koneksi, melakukan pengelolaan koneksi yang digunakan, menghancurkan koneksi, dan juga digunakan untuk pemeliharaan koneksi yang terjadi pada jaringan.
Transport Layer : Layer keempat pada proses transmisi data di jaringan, baik dari sisi pemancar ssi maupun sisi penerima memiliki fungsi sebgai penghantar yang mengangkut paket data.Layer transport mampu melakukan pemisahan data menjadi segmen atau paket data yang lebih kecil, penomoran dan juga identifikasi paket data, hingga proses transmisi ulang, jika terjadi kehilangan paket data.
Network Layer : Bertanggung jawab  menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan  menjaga antrian trafik di jaringan. Data pada layer ini berbentuk paket.

Data Link Layer: Fungsi layer atau layer ini adalah melakukan proses koreksi kesalahan.
Physical Layer : Ini adalah Layer yang terkait dengan koneksi fisik jaringan apa pun, yang sebagian besar terkait dengan perangkat jaringan komputer, seperti hub, switch, server, dan klien.Fungsi utama Physical Layer ini adalah melakukan sinkronisasi dari bit data, mendefinisikan LAN Card, dan juga untuk menentukan struktur jaringan dan media transmisi jaringan.


Referensi

Kurniawan,wiharsono.2007.Jaringan Komputer.Semarang:Andi


No comments:

Post a Comment